468 x 60


Beberapa hari yang lalu masalah ini menimpaku.dari pada aku repot dan di bikin pusing masalah tanda tangan akhirnya aku ambil jalan pintas dan lurus yaitu MEN SCAN TANDATANGAN. sebenarnya  tidak cuma tanda tangan saja yang bisa di scan SETEMPEL pun bisa kalau sekedar di scan.yang lebih mengherankan lagi,manusia pun bisa discan sob....ok mari kita belajar menscan tanda tangan atau setempel atau bahkan photo bersama sama.
Biasanya untuk mempercepat pekerjaan, kadang kala kita melakukan jalan pintas dengan cara men-scan tanda tangan seseorang, atau mungkin tanda tangan kita (agar tidak capek tanda tangan) kemudian kita tempel pada lembar kerja yang sedang kita buat. Kelihatannya mudah dan praktis, akan tetapi dalam praktek, ternyata banyak kendala yang kita temukan. File dari hasil scanner biasanya berupa image (jpg), padahal  file ini jika kita insert pada lembar kerja (misal: Ms. Word) akan menutup tex yang ada di bawahny.

Untuk menghindari hal tersebut kita perlu mengkonvert terlebih dahulu file jpg menjadi file png agar file tersebut terlihat transparan dasarnya. Akan tetapi dalam proses inipun kita biasanya menemukan kendala dalam proses seleksi tanda tangan tersebut.

Dalam Photoshop disediakan fasilitas calculations yang dapat kita gunakan untuk mempermudah proses tersebut. Adapun langkah-langkahnya kurang lebih begini sob :
1. Buka file tanda tangan yang telah kita scan.
2. Dari menu image pilih calculations, maka akan muncul kotak dialog calculations.
3. Pada tab blending pilihlah overlay.
4. Pada tab channel pilihlah warna yeng membuat warna menjadi kontras.

5. Klik ok.



Setelah langkah tersebut, selanjutnya pilihlah burn tool atau dengan menekan tombol O pada keyboard untuk mempertajam garis-garis/bagian-bagian dari tanda tangan. Tapi sebelunya kita perlu mengatur range-nya pada opsi shadows dan exposure-nya pada posisi 20 - 25. Hal ini bertujuan agar burn tool ini hanya mempertajam bagian-bagian yang mempunyai warna gelap saja.



Setelah bagian-bagian tanda tangan ini dirasa sudah jelas, selanjutnya pilihlah dodge tool dengan pengaturan range pada opsi highlight dan exposure pada kisaran 20 - 25 untuk membersihkan dasar dari tanda tangan agar menjadi putih dan bersih.



Selanjutnya tekanlah tombol ctrl+i untuk membalik warna gambar (dasarnya berwarna hitam dan bagian tanda tangan menjadi putih).



Dari menu select pilihlah load selections, maka akan muncul kotak dialog load selections, pada pilihan invert berilah tanda centang untuk membalik hasil seleksi, kemudian klik ok.



Setelah dasar dari tanda tangan terseleksi, selanjutnya kita pilih channel RGB pada jendela channel kemudian tekan tombol delet.

Jreeeeng, hilanglah dasar dari tanda tangan dan yang tersisa adalah bagian dari tanda tangan dengan dasar transparan. Setelah itu simpanlah file tersebut dengan extensi png. Selamat mencoba semoga berhasil, kalautidak berhasil coba lagi sampai capek.


Atau dengan langkah langkah ini pun boleh juga..



1. Scan tanda tangan atau stempel, dan simpan file dengan extention "jpeg" atau "tiff"
2. Buka file tersebut dengan Adobe PhotoShop
3. Setelah file terbuka, aktifkan 'Magic Wand Tool", dan klik di file yang berwarna putih (daerah putih yang kosong/bukan yang ada tanda tangannya lhoo..}
4. Pilih Menu File .... Select..... Similar
5. Pada Window LAYER, double klik BACKGROUND dan klik OK
6. Pencet tombol DELETE
7. Save As File dengan extention TIFF atau PSD atau lebih ok lagi PNG
8. File kamu yang baru latar belakangnya bolong dan siap untuk ditempatkan di mana saja. 
Beres kan!..

0 komentar:

Post a Comment

 
Top